Monday, August 27, 2012

Cara Mengetahui Dana Kukmin Youngem (NPS)


Untuk teman teman sesama TKI di Korea, mungkin ada sebagian dari kita yang masih kesulitan  mengetahui dana Kukmin YounGeum kita sekarang sudah berapa ? kami akan coba berikan sedikit tutorial bagaimana caranya mengetahui atau mengecek keberadaan uang kita di NPS korea tersebut.
Kita langsung aja ke TKP dengan masuk ke situs NPS Korea yang berbahasa Inggris, karena belum ada yang berbahasa kita bahasa Indonesia he he, klik disini http://english.nps.or.kr/jsppage/english/main.jsp

Kemudian klik Q&A pada sudut kiri bawah untuk melanjutkan. Akan muncul seperti tampilan dibawah ini

Klik write untuk mendaftar. Kemudian isi data-data anda pada kolom yang telah disiapkan.  Kalo sudah klik submit.
Setelah itu akan muncul halaman popup notifikasi apakah anda menyetujui perjanjiannya  atau tidak, sebaiknya setuju saja deh  he he, dengan mengklik  ”Yes, I agree”


Setelah itu cek di halaman NPS semula dan perhatikan apakan nama kita sudah masuk dalam daftar tunggu apa belum?


Catat atau setidaknya ingat-ingat nomor urut kita tersebut agar dikemudian hari mudah untuk mengeceknya karena bisanya tidak langsung diketahui hasilnya. disitu diperlihatkan bahwa statusnya masih ïn progress” berarti masih dalam proses. kalo data sudah diproses maka status nya akan berubah menjadi “Completed
Biasanya memerlukan waktu satu atau dua hari kerja, makanya agar tidak susah mencari-cari nama kita yang sudah didaftarkan ingat-ingat lah nomer urut pendaftaran kita tersebut.
Setelah selang waktu tertentu kita bisa cek ulang permintaan kita itu. Dengan langsung kengklik gambar Q&A pada  situs NPS Korea berbahasa inggris tsb. Terdapat list permintaan dari teman-teman yang sama ingin tahu jumlah dana kukmin youngem mereka. Kalo saja kita tidak mencatat atau mengingat nomer urut pendaftaran kita itu  tentu sedikit kerepotan. Pada gambar diatas sebagai contoh kita cari lagi nomor urut yang kita tandai dengan melingkari warna hijau yaitu nomor urut ke 6888. Pastikan statausnya tidak lagi ïn progress” lagi melainkan sudah “completed

Ketika kita klik tulisan “kukmin youngem” maka muncul lagi popup yang memerlukan pengisian pasword. Isikan password sesuai dengan apa yang kita buat kemaren itu. Setelah memasukan password dengan benar maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Kalo udah gitu ketahuan kan dana kita yang tersimpan di kantor NPS Korea selama kurun waktu tertentu sebesar segitu….. lumayan kan, buat persiapan nganggur ntar kalo pulang ke Indonesia sebelum mendapatkan penghasilan di negri sendiri.
Dan itu belum final masih akan terus ditambah  selagi kita  masih bekerja di korea ini. karena tiap bulan akan ditambahin, motong gaji kita sebesar jumlah tertentu ( antara 50rb s/d 100rb atau tergantung kebijakan perusahaan) plus jumlah yang sama juga diambil dari perusahaan tempat kita bekerja.
Ntar kalo sudah terkumpul dana nya bisa direncanakan untuk hal-hal yang baik saja… ingat, disini kita kerja keras jengan membuang-buang waktu dan biaya untuk hal yang tidak berguna apalagi yang merugikan. Sukses selalu buat teman2 TKI Korea. Figthing…!!


0 komentar :

Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

 

Download Centre . Copyright 2008 All Rights Reserved vomanet Trick by Tricksip Template Blog edited by Vomanet dot com