Saturday, May 21, 2011

10 Perintah Linux yang Kurang Populer



1. Keluar dari Terminal dengan Cepat Anda dapat keluar dari terminal dengan cepat menggunakan CTRL+D

2. Menghapus Perintah Baris yang Panjang Misalkan Anda terlanjur mengetikkan perintah yang cukup panjang, maka Anda dapat menghapusnya seketika menggunakan CTRL+U. Tidak perlu menekan backspace atau del lagi.

3. Jalan Pintas untuk Membuat Direktori root@zer03s#mkdir -p /saya/buat/direktori/ini/hanya/dengan/satu/perintah/saja/ => Akan membuat seluruh direktori yang diperlukan bahkan ketika direktori tersebut tidak tersedia. Jadi mengapa membuang waktu dengan memberikan perintah rumit seperti ini: cd / ; mkdir saya ; cd saya; mkdir buat; cd buat; mkdir direktori …

4. Mengeksekusi Perintah Terakhir yang Dijalankan root@zer03s# !! akan menjalankan perintah terakhir yang telah Anda gunakan
5. Mengeksekusi Perintah Terakhir dengan Awalan Karakter Jika Anda ingin menjalankan perintah dari Command History Anda dengan menggunakan awalan sebuah karakter, misalnya huruf c, maka perintahnya: root@zer03s)# !c Akan memanggil perintah terakhir dengan awalan c.
6. Menjalankan Perintah secara Berulang dan Menampilkan Hasilnya Perintah watch akan menjalankan perintah secara berulang, dan menghasilkan output. Output yang dihasilkan akan ditampilkan bergantian interval waktu. Secara default, interval waktu yang digunakan adalah 2 detik. watch hampir sama dengan tail. Misalkan: root@zer03s# watch -d ls -l Baris di atas akan menghasilkan output berupa daftar file di current directory Anda dan akan menandainya setiap ada perubahan yang terjadi.

7. Berpindah ke Direktori Tempat Anda Berada Terakhir Untuk beralih ke direktori tempat Anda bernavigasi paling akhir gunakan : root@zer03s# cd -

8. Menyimpan File dengan Cepat pada Teks Editor Vi/Vim Apabila Anda sedang terburu-buru, Anda dapat menyimpan file yang telah Anda tulis di vi dengan masuk ke mode normal (keluar dari mode insert dengan Esc), kemudian Anda tekan shift bersamaan dengan menekan dua kali.

9. Menemukan PID dari Suatu Proses secara Cepat Untuk mencari PID pada proses-proses yang sedang berjalan, Anda dapat menggunakan pgrep. Perintah ini akan mencari PID dari suatu proses yang sesuai dengan parameter yang telah diberikan. Misal: root@zer03s# pgrep mysqld Maka akan menghasilkan semua PID yang berhubungan dengan mysql.

10. Mengubah Keterangan Waktu dari Sebuah File root@zer03s# touch -c -t 0801010800 namaberkas.zip akan menampilkan keterangan waktu yaitu 2008-01-01 8:00. Format waktu yang digunakan adalah (YYMMDDhhmm).


0 komentar :

Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

 

Download Centre . Copyright 2008 All Rights Reserved vomanet Trick by Tricksip Template Blog edited by Vomanet dot com