Friday, December 24, 2010

Siswa SD Juara Kontes Robot



Vomanet, Laksamana Agadhia dan Abel, siswa kelas lima Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucung, Surabaya, Jawa Timur, senang bukan kepalang. Mereka sama sekali tidak menyangka bisa menjadi juara dalam Kontes Java Robot Tingkat Nasional yang digelar baru-baru ini.

Keduanya keluar sebagai juara setelah mengalahkan 310 tim pelajar lain yang datang dari seluruh Indonesia. Mereka membuat robot yang mengikuti garis arena atau line tracer analog. Perlu waktu sebulan dan biaya Rp 200 ribu untuk membuat robot tersebut.

Menurut Laksamana Agadhia, mereka menggunakan bahan dasar dari mainan mobil-mobilan tamiya dengan tenaga dari baterai . Kesulitan untuk membuat robot tersebut adalah membuat sensor yang bisa mengikuti jalur arena. Selain harus sensitive, sensornya harus presisi. Sebab, jika tidak robot buatannya akan melenceng dari garis arena.

Sekolah sangat bangga dengan prestasi Laksamana dan Abel. Apalagi, juara kedua dan ketiga juga diraih sekolah tersebut. “Baru pertama kali mengikuti lomba tingkat nasional. Kami sangat bangga dengan prestasi anak-anak,” ujar Edy Susanto, Wakil Kepsek SD Muhammadiyah 4 Pucung.

Edy menambahkan, mereka yang menjadi juara akan diikutsertakan dalam kontes robot internasional yang diadakan di Singapura, Januari mendatang.


0 komentar :

Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

 

Download Centre . Copyright 2008 All Rights Reserved vomanet Trick by Tricksip Template Blog edited by Vomanet dot com