Tuesday, December 28, 2010

Setting Wi-Fi di Windows 7



Vomanet, Ingin membuat Hotspot area di rumah, kost atau bahkan kantor dan tidak punya Wireless Router device? Jangan kawatir, jika kamu menggunakan Windows 7 dan PC atau laptop-mu di lengkapi dengan Wireless Adapter kamu dapat memanfaatkannya untuk dijadikan Wirelesss Router. Bagaimana tu caranya? Gampang, pertama download aplikasi Connectify di sini http://www.connectify.me/ selanjutnya nanti akan penulis jelaskan bagaimana menggunakannya.

Sebelum kita membahas bagimana melakukan pengaturan aplikasi tersebut, penulis ingin sedikit mengulas bagaimana cara kerja aplikasi tersebut. Connectify sendiri sebenernya memanfaatkan sebuah kelebihan dari Windows 7 yang di sebut dengan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter. Jika laptop atau PC kamu sudah di lengkapi dengan Wireless Adapter otomatis Windows 7 akan menciptakan sebuah Virtual WiFi Adapter seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Sejak penulis mengetahui fitur ini, waktu itu masih Windows 7 Beta penulis juga sempat kepikiran “wah kalau begitu bisa memanfatkan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter sebagai Bridge Network atau Access point ” eh taunya tidak lama setelah itu muncul aplikasi Connectify ini J

clip_image002

Karena Connectify memanfaatkan Microsoft Virtual Wifi Miniport Adapter dan tidak menggunakan Wireless adapter. Kamu tetap bisa menggunakan Wireless adapter untuk konek ke Wireless Router Device dan menggunakan Connectify sebagai Wi-Fi Hotspot tanpa saling menganggu.

Mulai sekarang tidak susah lagi untuk sharing internet di rumah atau kost, kamu bisa konek ke internet melalui ISP kesayanganmu, kemudian kamu tinggal mengaktifkan aplikasi ini selanjutnya teman-teman atau saudara kamu dapat konek ke komputermu.

Oh ya mungkin ada sedikit ide jahil nie, jika kamu dan teman-temanmu pergi ke café yang menawarkan Wi-Fi Hotspot gratis tetapi pihak café menerapkan hanya satu User untuk satu meja atau juga ketika kamu pergi ke kampus temanmu dimana untuk mengkases internet menggunakan nomor induk mahasiswa sebagai User, otomatis kamu tidak bisa kases internet karena kamu bukan mahasiswa di situ, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa meminta temenmu untuk mengkatifkan Connectify selanjutnya kamu bisa konek ke internet melalui laptopnya. Asyik bukan? J

Oke, selanjutnya penulis akan menjelaskan cara pangaturan Connectify ini, pada contoh ini penulis konek ke internet dengan menggunakan Wireless adapter dan kemudian mensharingnya menggunakan Connectify.

1. Setelah kamu mendownload dan menginstallnya selanjutnya Connectify akan memunculkan sebuah Wizard untuk melakukan pengaturan, muncul halaman Welcome langsung klik tombol Next.

clip_image004


2. Kemudian muncul halaman Network Name, Network name di sini adalah Service set identifier (SSID) atau mudahnya sebagai nama Access Point kamu. Ketikan nama SSID nya “andec-wifi” kemudian klik tombol Next.


clip_image006


3. Muncul halaman Password, password disini berfungsi untuk melindungi agar tidak sembarang orang bisa konek ke jaringamu, jadi untuk dapat konek ke Wi-Fi Hotspot-mu selain mengetahui SSID juga harus mengetahui password-nya. Masukan password “makanpagi” kemudian klik tombol Next.

clip_image008


4. Muncul halaman Share Connection, di sini kamu harus menentukan jaringan mana yang akan di pakai untuk akses internet. Karena penulis konek ke Wireless Router menggunakan Wireless Adapter saya pilih WLAN kemudian klik tombol Next.

clip_image010


5. Muncul halaman Complete, centang Start Hotspot after closing wizard untuk mengkatifkan Wi-Fi Hostpot secara langsung, kemudian klik tombol Next.

clip_image012


6. Tampilan Connectify dalam keadaan aktif di tandai dengan tombol Stop Hotspot yang aktif, terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

clip_image014


7. Oke setelah Wi-Fi hotspot aktif selanjutnya kita berpindah ke PC client untuk mencoba konek. Klik pada Network tray seperti terlihat pada gambar di bawah Wi-Fi hotspot andec-wifi sudah di kenali. Untuk konek klik andec-wifi kemudian klik tombol Connect.

clip_image016


8. Selanjutnya akan muncul halaman Security Key, masukan password “makanpagi” seperti yang telah kita tetapkan di awal kemudian klik tombol OK.

clip_image017


9. Selanjutnya pada Network tray kamu bisa melihat, bahwa kamu telah berhasil konek ke andec-wifi. Untuk mencoba akses internet kamu bisa coba untuk browsing internet.

clip_image018

clip_image020


10. Oha ya, jika ada komputer yang konek ke Wi-Fi mu, maka akan di tampilkan pada Connected Client… seperti terlihat pada gambar di bawah. Dengan begitu kamu bisa mengetahui siapa saya yang konek ke Wi-Fi-mu J

clip_image021



4 komentar :

Anonymous said...

I do not even know how I ended up here, but I thought this post was good.
I don't know who you are but certainly you are going to a famous blogger if you aren't already
;) Cheers!

Stop by my blog - Air Conditioning Repairs - Bel Air

Anonymous said...

I've been browsing online more than three hours lately, yet I never discovered any fascinating article like yours.
It's beautiful worth sufficient for me. In my view,
if all webmasters and bloggers made good content as you probably
did, the net will probably be much more helpful than ever
before.

Feel free to visit my page: dental implant

Anonymous said...

There is certainly a lot to learn about this subject.
I love all of the points you have made.

Also visit my web page ... naked hairy bush

Anonymous said...

While there, a plenty of companies out there in the market some companies offer better services than others
do. When i - Phone users are looking to add another app to their roster,
they are very much influenced by the icon, because it is the visual representation of the app.
Audio Bible App and a Bible mp3 Bible Download for mobile devices.


My web-site ... learning apps for kids (youtube.com)

Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

 

Download Centre . Copyright 2008 All Rights Reserved vomanet Trick by Tricksip Template Blog edited by Vomanet dot com