Friday, November 12, 2010

Sembilan Anggota Polri Tersangka Kasus Gayus



VOMANET - Sembilan anggota Polri menjadi tersangka yang diduga menerima suap dari terdakwa Gayus HP Tambunan supaya dapat keluar dari Rumah Tahanan (rutan) Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok.

"Kesembilan anggota Polri yang diperiksa terbukti menerima suap dari Gayus dengan total Rp 50 juta hingga Rp 60 juta," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen (Pol) Iskandar Hasan di Jakarta, Kamis (11/11).

Sejumlah sembilan anggota Polri yang bertugas saat kejadian yakni Briptu BH, Briptu DA, Briptu AD, Bripda ES, Bripda JP, Bripda S dan Bripda B, serta Kepala Rutan Mako Brimob, Kompol IS. "Untuk anggota mendapat suap Rp 5 juta hingga Rp 6 juta, sementara untuk Kompol IS masih belum tahu jumlahnya dan akan dicek kepada Gayus," Iskandar, menambahkan.

Iskandar mengatakan sembilan anggota tersebut sudah ditahan sejak tanggal 8 November 2001. "Tindakan yang dilakukan tersebut adalah inisiatif dari Kompol IS sendiri, tidak ada inisiatif dengan pihak luar," papar Iskandar.

Para tersangka dipersangkakan melanggar pasal 5 ayat 2, pasal 11, pasal 12 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junto pasal 55 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Tentang Turut Serta Melakukan Perbuatan Pidana.

Kesembilan orang anggota yang terperiksa secara struktur berada di bawah Satuan Pengamanan Protokol Satuan Pelayanan Markas Mabes Polri.

Gayus yang keluar Rutan Brimob pada Jumat pagi (5/11), seharusnya balik kembali pada sore harinya, tapi sampai malam belum kembali. Menurut dua anggota yang mengawal Gayus sempat pulang ke rumahnya di Kelapa Gading.

Mengenai adanya foto Gayus yang beredar sedang menonton turnamen tenis di Bali, Iskandar mengatakan akan melakukan investigasi terkait hal tersebut.


0 komentar :

Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

 

Download Centre . Copyright 2008 All Rights Reserved vomanet Trick by Tricksip Template Blog edited by Vomanet dot com