Wednesday, November 10, 2010

10 November



VOMANET - Besok adalah tanggal 10 November, Hari Pahlawan. Lalu ada apa kalo hari adalah Hari Pahlawan? Kenapa sih pada tanggal ini ada upacara(klo ada), tapi ngga libur? Pertanyaan macam ini sah-sah saja, menurutku juga tanggal 10 November bukanlah tanggal yang lumayan penting (lha wong tanggal lahirku aja kadang lupa), tapi yang penting adalah peristiwa dibalik 10 November. Dalam sejarah, peristiwa ini lumayan penting lho, coba deh dicari-cari di buku sejarah (SD/SMP/SMA)kali aja dapet banyak. Aku selalu ingat kata-kata Pak Karno, bukan Rano Karno:

"JASMERAH: JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH"

Karena sejarah, Indonesia ada, Karena sejarah, Habibie ada, Karena sejarah, Roy Suryo ada, Karena sejarah pula kita ada sekarang.

Kenapa tanggal 10 November dijadikan hari pahlawan, bukan tanggal yang lain? Mungkin salah satu cerita ini dapat membantu.

Tanggal 10 November 1945, terjadilah pertempuran sengit antara pasukan (selanjutnya akan disebutkan sebagai pemuda saja, karena kebanyakan dari mereka tidak masuk organisasi ketentaraan) Indonesia melawan pasukan sekutu (Inggris) di daerah Surabaya. Pertempuran ini dipicu oleh, tidak ditanggapinya ultimatum(peringatan) Inggris untuk melucuti senjata para pemuda Surabaya (mungkin juga daerah lain). Ultimatum ini muncul karena tewasnya Jendral Mallaby, oleh pemuda Indonesia.

Akibat dari tidak ditanggapinya ultimatum ini, Inggris menyerang Surabaya dengan secara besar-besaran. Menanggapi serangan Inggris ini, tentunya para pemuda tidak tinggal diam. Mereka dengan SEMANGAT BERKOBAR membalas serangan dari pasukan Inggris.

Dilihat sisi darimanapun, pasukan pemuda Indonesia kalah dalam:

Persenjataan: Para pemuda hanya mendapatkan senjata dari hasil rampasan dari pasukan yang mereka kalahkan, sedangkan pasukan Inggris menggunakan SENJATA IMPOR DARI INGGRIS, kalah jauh khan.
Pengalaman Tempur: Para pemuda tidak pernah mendalami teori perang dalam pendidikan MILITER. Keahlian tempur mereka hanya didapatkan secara OTODIDAK.(^.^) Bandingkan dengan pasukan Inggris yang (mungkin) pernah ikutan perang DUNIA I/II.

Walau dengan perbedaan mencolok pada hal yang kritis itu, para pemuda tidak takut dan terus berjuang. Salah satu tokoh, Bung Tomo, mengobarkan semangat para pemuda dengan meneriakkan "Allahu Akbar" di radio setempat.

Sadar akan perbedaan kekuatan, dan serangan pasukan Inggris(sekutu) yang semakin menghancurkan kota Surabaya, serta sudah banyak yang gugur, para pemuda memutuskan mundur ke berbagai daerah untuk bertahan dan menyusun kekuatan.

Dalam peristiwa ini, ribuan rakyat Surabaya TEWAS. Untuk mengenang tragedi ini, dijadikanlah tanggal 10 November (hari penyerangan) sebagai Hari Pahlawan.

Nah, itulah salah satu cerita dibalik Hari Pahlawan. Berbicara tentang Pahlawan, Sebenarnya siapa sih pahlawan itu?.....

Definisiku tentang Pahlawan:
Pahlawan adalah seseorang yang berjasa, Hmmm...... Ini sih definisi anak SD. Emang, mau definisi yang mana lagi? Oke, deh, tak tambahin dikit:
Pahlawan adalah orang yang mencurahkan seluruh perhatiannya untuk kepentingan orang banyak(bersama), dan untuk itu dia tidak meminta imbalan apapun.

So, (menurutku) pahlawan itu banyak jenisnya, boleh pahlawan perjuangan: A.H. Nasution, pahlawan pendidikan: Ki Hajar Dewantara, pahlawan sains: BJ Habibie, dan lain sebagainya. Sebagai penutup, aku tambahin beberapa lagu yang bakalan mengingatkan kita ke masa-masa perjuangan, atau setidaknya masa-masa SD lah.....


0 komentar :

Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

 

Download Centre . Copyright 2008 All Rights Reserved vomanet Trick by Tricksip Template Blog edited by Vomanet dot com