Wednesday, October 27, 2010

Yahoo Koprol Semakin Ekis


Situs web sosial sekaligus menjadi situs pertemanan buatan asli Indonesia Koprol atau dengan alamat www.koprol.com yang menerapkan beberapa konsep berbeda dengan beberapa situs sosial terdahulu yang lebih populer seperti halnya facebook dan twitter. Salah satu penerapan yang terlihat agak berbeda yang ada pada layanan Koprol adalah mengenai lokasi pengguna yang bisa secara berkala diupdate melalui situs ini. Dengan fasilitas ini maka seseorang yang berada disuatu tempat dapat melihat orang-orang yang juga kebetulan sedang berada ditempat itu dan secara bersama-sama sedang menggunakan Koprol.
Meski memiliki fasilitas berbeda dengan situs sosial lainnya. Namun pada awal-awal berdirinya situs ini merupakan hanyalah situs sosial sebagai pelengkap belaka. Artinya tidak begitu besar minat para pengguna internet untuk menjadikan situs ini menjadi target situs kunjungan utama mereka, ketika sedang berselancar dengan internet. Tentu hal ini tidak bisa dipungkiri karena pengaruh situs-situs sosial besar seperti facebook dan twitter sudah sangat melekat dibenak para pengguna internet, khususnya para netters di Indonesia.

Hal lain yang tentu sangat berpengaruh atas perkembangan Koprol pada awal-awal berdirinya adalah kurangnya promosi terhadap masyarakat, sehingga meskipun produk Koprol merupakan buatan dalam Negeri. Namun sepertinya sangat sedikit pengguna internet kala itu mengenal situs ini.

Koprol kemudian di akuisisi oleh Yahoo tepatnya pada, Selasa (25/5/2010). Pun tentu situs ini kemudian menjadi perbincangan hangat dimasyarakat kala itu, sebab banyak orang merasa, khususnya para netters Indonesia, bahwa diakuisisnya Koprol oleh Yahoo yang notebene merupakan perusahaan raksasa internet dunia yang berpusat di Amerika Serikat adalah salah satu bentuk penghargaan internasional terhadap karya lokal di Indonesia, khususnya dibidang teknologi internet, sebab pembelian Koprol oleh Yahoo juga merupakan salah satu sejarah internet Indonesia dalam perkembangannya yang sudah terlihat semakin dilirik dunia internasional.

Media-media nasional banyak mengulas tentang akuisisi Yahoo terhadap Koprol dan tentu pemberitaan media yang cukup lumayan mendapatkan porsi yang besar ketika itu secara tidak langsung telah mempromosikan Koprol ketengah-tengah masyarakat, dan tentu semakin banyak pula orang yang mencoba-coba menggunakan layanan Koprol dan mungkin pada akhirnya menjadi pengguna setia?.

Selang beberapa bulan berlalu, seiring semakin besarnya pula keinginan pihak Yahoo untuk meningkatkan jumlah pengguna situs ini, maka promosi secara besar-besaran dimedia Massapun dilakukan. Bahkan untuk bukan cuma berpromosi di media massa, tapi pihak Yahoo juga tampaknya mencoba untuk berpromosi dengan menggandeng pihak Provider layanan mobile dan tidak tanggung-tanggung para pengguna provider layanan mobile tertentu itu diimingi mengakses situs Yahoo Koprol gratis lewat ponsel.

Dengan semakin pesatnya promosi yang dilakukan pihak Yahoo untuk mendongkrak popularitas Yahoo Koprol diberbagai media, maka hal ini tampaknya sudah mulai berhasil. Terlihat selama lima bulan diakuisisi oleh Yahoo kini Koprol telah berubah menjadi salah satu situs yang berpengaruh di Indonesia.

Dari data alexa.com terlihat bahwa hingga artikel ini ditulis, bahwa situs Koprol telah menempati posisi 11.000 situs paling sering dikunjungi di seluruh dunia, dan di Indonesia sendiri terlihat bahwa Koprol berada pada peringkat 74.

Kita sebagai pengguna internet, sekaligus yang cinta produk dalam negeri tentu patut berbangga dengan prestasi yang sudah ditorehkan oleh Koprol dan orang-orang yang berada dibelakangnya, sebab dengan munculnya Koprol-Koprol baru yang diminati oleh perusahan-perusahan internasional, maka tentu hal ini bisa pula dijadikan sebagai tolak ukur, bahwa produk internet buatan Indonesia juga ternyata memiliki nilai luar biasa dimata internasional.


0 komentar :

Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

 

Download Centre . Copyright 2008 All Rights Reserved vomanet Trick by Tricksip Template Blog edited by Vomanet dot com