Tuesday, April 27, 2010

Sejarah Facebook


FB atau Facebook merupakan situs jejaring sosial yang saat ini telah menjadi situs paling banyak dikunjungi dari Indonesia mengalahkan google yang hanya mampu berada posisi kedua. FB secara global saat ini telah menjadi situs nomor paling banyak dikunjungi dan masih kalah oleh dominasi google.

Berbicara tentang FB, maka mungkin sebagian besar pengguna internet di Indonesia sudah mengenal betul tentang seluk beluk situs jejaring sosial yang mulai populer di Indonesia pada awal 2008 ini.
Sementara itu sebelum kehadiran facebook, maka di Indonesia sendiri situs jejaring sosial Friendster terlebih dahulu telah dikenal luas di masyarakat kala itu, dan sempat juga menjadi trend anak muda dengan istilah FS.

Semenjak tahun 2008 dominasi FB mulai terlihat bila dibandingkan dengan FS, dan pada tahun 2009, secara resmi FS telah terlupakan oleh penggunanya dan secara massal beralih ke FB dan sampai saat ini FS kian terpuruk dengan kehadiran facbeook.

Meski di Indonesia FB baru dikenal luas pada tahun 2008 di Indonesia. Namun situs buatan Mark Zuckerberg, mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 ini sebenarnya telah berdiri semenjak tahun 2004.

FB sendiri pada awal didirikan oleh pemiliknya, dibatasi hanya bisa dipergunakan oleh mahasiswa di Harvard College saja. Dua bulan sejak berdiri, keanggotan mulai diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston yang mencakup Boston College, Universitas Boston, MIT, dan Tufts. Selebihnya jaringan FB juga kian diperluas di Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan beberapa selah yang termasuk dalam Lvy League.

Sejak 11 September 2006 jaringan FB resmi diperbesar, dan setiap orang dibebaskan untuk meregistrasi keanggotaan dengan alamat email apapun termasuk email yahoo serta layanan email gratis lainnya.

Pada tahun 2007 Facebook telah mulai menjadi situs jejaring sosial yang paling banyak memiliki anggota. Namun meskipun demikian saat itu fb masih belum populer di Indonesia.

Sejauh ini facebook telah menjadi kebutuhan banyak pengguna internet. Bahkan facebook juga sering digunakan sebagai sarana kontrol pemerintah oleh masyarakat, dan hal tersebut juga pernah dilakukan oleh masyarakat Indonesia pengguna FB dengan kehadiran Grup Facebook: Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Chandra Hamzah & Bibit Samad Riyanto yang akhirnya mencapai 1.380.000 lebih anggota grup.

Kontroversi tentang facebook juga pernah muncul, yaitu tentang adanya sebuah group di facebook yang meminta anggotanya untuk secara bersama-sama memostingkan gambar karikatur Nabi Muhammad, dimana pada akhirnya group itu sendiri kemudian ditutup oleh pemilik facebook karena banyak pengguna facebook yang beragama muslim kala itu mulai meninggalkan situs jejaring sosial terbesar ini.


0 komentar :

Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

 

Download Centre . Copyright 2008 All Rights Reserved vomanet Trick by Tricksip Template Blog edited by Vomanet dot com