Monday, October 18, 2010

Puluhan Imigran Gelap Ditangkap di DIY


Image

Setelah Nusa Tenggara Timur, Banten, dan Jawa Timur, kini para imigran gelap juga mengincar Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai lokasi keberangkatan menuju 'tanah harapan', Australia.

Hari ini, 65 pencari suaka dari Afganistan, Iran dan Arab Saudi, ditangkap oleh jajaran Polres Gunungkidul, DIY.

Para imigran gelap itu diamankan setelah kapal yang mereka tumpangi terdampar sejauh 1 mil dari Pantai Ngrenehan, Saptosari, Gunungkidul.

“Ke 65 imigran gelap itu kita amankan dan diinapkan di gedung olah raga milik Polres Gunungkidul,” kata Ajun Komisaris Besar Asep Nalaluddin, Kepala Kepolisian Resor Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu 17 Oktober 2010

Polres Gunungkidul kata Asep juga mengamankan 10 orang warga Indonesia yang menjadi nahkoda, anak buah kapal dan nelayan Gunungkidul.

“Para imigran tersebut saat ini masih menunggu proses koordinasi dengan keimigrasian dan organisasi internasional untuk migrasi, International Organization for Migration (IOM),”tandasnya

Modus yang dilakukan, para imigran awalnya datang ke Pantai Gesing, Gunungkidul dengan menggunakan bus. Lalu para nelayan diberi sejumlah uang untuk mengantarkan mereka ke kapal yang sudah menunggu di tengah laut.

Mereka diduga menyewa sekitar 10 sampai 12 kapal.

"Kita akan meminta keterangan kepada 65 imigran gelap dan nelayan dari Gunungkidul yang akan menyeberangkan mereka ke Australia untuk keperluan penyelidikan,”paparnya

Namun, Ngatno, salah satu petugas yang ikut menyelamatkan para imigran itu, kapal yang sudah menunggu di tengah laut itu rencananya menuju Pangandaran, Jawa Barat.

Namun salah arah dan macet di tengah laut karena kerusakan mesin.

”Para warga negara asing itu mengaku sebagai wisatawan. Mereka juga membantah kalau akan pergi menuju Australia,”pungkasnya.


0 komentar :

Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

 

Download Centre . Copyright 2008 All Rights Reserved vomanet Trick by Tricksip Template Blog edited by Vomanet dot com