Friday, October 29, 2010

Ketika Pemoeda Diajak Bersoempah di Era Digital


VOMANET, Perjalanan bangsa Indonesia dari dulu hingga kini telah diwarnai dengan berbagai peristiwa penting dan bersejarah. Salah satunya yang menjadi tonggak perjalanan bangsa kita adalah peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Dan kini, di era perkembangan teknologi informasi komunikasi (TIK) yang ditandai dengan kemunculan berbagai media digital dan situs jejaring sosial, XL Axiata melalui 'Soempah Pemoeda 2.0' mengajak seluruh insan digital Indonesia mengadopsi nilai-nilai kebangsaan dan prestasi serta memotivasi bangsa untuk membuahkan prestasi menuju Indonesia yang lebih baik.

"XL memanfaatkan kemajuan TIK, jejaring sosial, untuk mendorong kemajuan negeri ini, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Social media sudah terbukti memiliki kekuatan untuk menyatukan sikap dan tekad demi tujuan-tujuan positif," kata Febriati Nadira, head of Corporate Communication XL.

Soempah Pemoeda 2.0 ini diselenggarakan XL pada tanggal 28 Oktober 2010 di Gedung Kebangkitan Nasional (Stovia) bersama dengan 14 komunitas Blogger dari seluruh Indonesia (komunitas Blogger Makasar, Manado, Ambon, Kalimantan, Padang, Medan, Palembang, Surabaya, Semarang, Jogjakarta, Solo, Bandung, Jakarta dan Bodetabek).

Selain itu Soempah Pemoeda 2.0 juga menggandeng gerakan masyarakat di antaranya adalah gerakan masyarakat Indonesia Optimis dan komunitas Historia Indonesia (KHI), serta komunitas online lainnya.

Peringatan Sumpah Pemuda ini dapat diikuti melalui media digital www.soempahpemoeda.org, Twitter @indberprestasi (hashtag: #SatuNegeri dan #indprestasi) dan Facebook IndonesiaBerprestasi.

Dalam peringatan Soempah Pemoeda 2.0 ini, terdapat berbagai rangkaian kegiatan di antaranya adalah talkshow, deklarasi Sumpah Pemuda (secara online), serta kegiatan napak tilas.

Talkshow akan membahas makna dan relevansi semangat sumpah pemuda sejalan dengan semakin meluasnya perkembangan teknologi digital, dengan menghadirkan berbagai pakar dan sejarawan, di antaranya Dr. Anhar Gonggong (sejarawan),Dr. Imam
Prasodjo (Sosiolog), Adrie Subono (wirausahawan), Sudiyanto ( Peraih Indonesia Berprestasi Award 2008), Iman Brotoseno (praktisi & penggiat social media) serta moderator Jaya Suprana.

Sementara itu, kegiatan deklarasi sumpah pemuda akan dilakukan secara online melalui live tweet dari para peserta serta masyarakat umum yang turut terlibat dalam acara peringatan ini.

Untuk kegiatan napak tilas juga akan dilakukan secara bersama-sama dengan para Blogger dan Komunitas Historia Indonesia dengan menyusuri lokasi atau rute perjalanan para pencetus Sumpah Pemuda.


0 komentar :

Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

 

Download Centre . Copyright 2008 All Rights Reserved vomanet Trick by Tricksip Template Blog edited by Vomanet dot com