Watch Movie Online, Music, Software, Windows, Etc

Ditemukan Hiu Misterius Berukuran Kecil


Sebuah spesies hiu misterius berukuran kecil yang ditemukan dii pantai Irlandia akhir-akhir ini mendapat banyak perhatian dari para ilmuwan. Sebelumnya para ilmuwan memang telah menghabiskan waktu selama empat tahun untuk mempelajarinya.

Ikan hiu tersebut memiliki ukuran hingga sepanjang satu meter, dan bisa mencapai berat 12 kg. Pada setiap musim panas mereka berenang menyusuri perairan dangkal di pantai timur Irlandia. Keberadaan dari hiu spesies baru ini masih misterius, sampai akhirnya para ilmuwan di University College Dublin mempelajari hiu ini. Demikian dikutip dariLiveScience, Jumat (8/10/2010).

“Sangat menarik, mengingat hiu jenis ini sangat sedikit diketahui informasinya mengingat ukuran dan jumlah mereka di Pantai Timur,” ujar Edward Farrell, lulusan dari University College Dublin School of Biology and Enviromental Science.

“Sampai saat ini kita belum yakin benar apa, spesies yang sedang kita teliti, tapi kami telah mengembangkan metode genetik yang memungkinkan kita memprediksi bahwa hiu jenis starry smooth-hound di Irlandia ini beda dengan jenis starry smooth-hound pada umumnya,” tambah Farrell.

Hiu jenis starry smooth-hound sebelumnya dikenal sebagai spesies hiu yang pertumbuhannya cepat. Bagaimanapun proyek empat tahun ini telah mengungkap bahwa hiu starry smooth-hound di perairan Irlandia tumbuh dua kali lebih lambat dari perkiraan awal dan hanya bereproduksi setiap dua tahun sekali. Dengan angka reproduksi yang rendah, kegiatan memancing yang tidak resmi bisa menghasilkan dampak yang serius buat spesies hiu ini.

Hiu starry smooth-hound tidak populer di Irlandia. Kurangnya pengetahuan akan kehidupan mereka di Lautan Atlantik membuat kurang berkembangnya manajemen dan strategi konservasi. Hiu starry smooth-hounds di perairan Irlandia cukup banyak, tapi penyebabnya sampai saat ini masih belum diketahui.

“Tidak manajemen yang dibuat untuk spesies ini di perairan Eropa, karena masih kurangnya informasi,” ujar Farell. “Jadi tujuan utama kami adalah untuk mengumpulkan data-data yang perlu, yang diharapkan bisa digunakan untuk menolong hiu-hiu jenis ini, dan mencegah eksploitasi berlebihan yang dilakukan terhadap mereka di perairan Mediterania,”

Penelitian mengenai hiu jenis ini juga diterbitkan di Journal Of Fish Biology.

Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

[blogger][facebook]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by i-bob. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget