Thursday, August 5, 2010

Membuat Antena Wireless USB Wajan Bolic


Dimasa sekarang kita sudah tau jaringan tanpa kabel yaitu Wireless, jaringan ini sudah di legalkan oleh pemerintah pada tahun 2005.. dan sekarang untuk akses jaringan ini kita memerlukan perangkat keras berupa Akses point, WLAN, dan juga USB wi-fi yang bekerja pada frekwensi 2,4 Ghz.. dan apabila kos-kosan kita dekat area hotspot kita hanya memerlukan salah satu perangkat keras diatas, kl kos-kosan kita jauh gimana yah??,, sekarang kita membahas tentang cara membuat antena wajan bolicyang kedua, setelah kemarin juga sempat memposting tentang wajan bolic yang pertama, oke deh langsung saja ikuti tutorial berikut ini.

LATAR BELAKANG

* Untuk meningkatkan jarak jangkauan wireless LAN diperlukan antena eksternal dengan gain yang lebih tinggi dari antenna standard
* Antena eksternal High Gain harganya relative mahal
* Banyak barang-barang yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang dapat digunakan untuk membuat antenna High Gain dengan cara mudah dan biaya ringan

Bahan-bahan yang diperlukan:

1. Wajan bolic diameter 40cm (makin besar makin baik)

2. Pipa paralon 3 inci

3. Tutup pipa paralon 3 inci

4. Lakban almunium (di toko matrial / toko buku )

5. Mur dan baut (ukuran disesuaikan)

6. Kabel utp (10-20m)

7. Kabel USB fungsinya sebagai extender (memperpanjang kabel ke antena ke usb)

8. USB wi-fi

Peralatan pendukung pembuatan:

1. Bor listrik lengkap dengan mata bor dari yang kecil hingga besar

2. Cutter

3. Gergaji paralon

4. Meteran + penggaris besi

5. Solder dan timahnya

6. Tang (yang bisa memotong kabel atau tembaga)

7. Palu

8. Obeng kembang

Rumus mencari jarak Fokus

Fw = Dw² / 16dw

FW = Frukeuensi

Dw = Diameter Wajan bolic

dw = Kedalaman dari pusat wajan bolic

Lihat gambar berikut untuk memperjelas
Image
Cara pembuatan:

* Buatlah lubang di pusat wajan untuk pengerat antara paralon yang berisi USB Wi-Fi. Bisa dengan bor listrik atau yang lainnya.

* Ambil 1 dari dua tutup pipa paralon, lalu lubangi ditengahnya. Tutup paralon dan wajan dari langkah 1 diatas tersebut akan dieratkan dengan mur menjadi satu seperti terlihat pada gambar berikut:
Image
* Hitunglah Frukensi yang anda inginkan seperti rumus diatas. Ini akan menentukan jarak antara pusat Wajan Bolic ke USB Wi-Fi anda. Kita asumsikan disini bahwa panjang paralon yang kita miliki adalah 40 Cm dan jarak antara USB wi-fi dengan pusat wajan bolic adalah 30 cm.
* Ambil pipa paralon, lalu buatlah lubang kecil pada jarak 30cm dari ujung yang satu ke yang lain. Ukuran lubang tersebut disesuaikan, agar ujung USB Wi-Fi yang kita miliki pas dengan lubang tersebut.
* Masukan USB Wi-Fi anda kedalam pipa paralon tersebut, lalu colokkan ujung USB Wi-Fi tersebut dengan kabel USB extended.
* Pada bagian luar pipa. Lapisilah pipa tersebut dengan lakban alumunium, mulai dari ujung pipa yang paling dekat dengan USB Wi-Fi sampai bagian pipa yang sejarak dengan diameter Wajan. Lapisi juga bagian penutup paralon yang satu (yang tidak dilubangi) dengan lakban alumunium.

Untuk Lebih Jelasnya lihat gambar :
Image
* Tutup 2 Ujung paralon tersebut dengan masing- masing penutup paralon.
* Paralon pun siap dipasang dan digunakan.

Anda mungkin bertanya, apa sebenarnya fungsi kabel UTP yang kita persiapkan? Toh tidak dibahas pada langkah-langkah diatas. Pertanyaan bagus!!! Kabel UTP digunakan untuk memperpanjang kabel USB Extender. Timbul pertanyaan lagi? Bagaimana memanggunakannya??? Sedangkan kabel USB terdiri dari 4 Kabel didalamnya dan Kabel UTP terdiri dari 8 Kabel???

Ini merupakan solusi yang ada agar kita bisa menghemat biaya pembuatan. Secara gitu kabel USB yang dibutuhkan begitu panjang, dari ujung rumah kita yang bertingkat-tingkat (misalnya) sampai kepada komputer kita yang ada di basement (misalnya lagi ), maka akan sangat menyita uang kita. Salah satu solusi adalah dengan menyambungkannya dengan kabel UTP yang lebih terjangkau.

Caranya adalah sambungkan 4 kabel USB ke 8 Kabel UTP dengan format seperti berikut ini:

1. (UTP) Putih Biru -> Putih (USB)
2. (UTP) Hijau -> Hijau (USB)
3. (UTP) Orange+Putih Orange -> Merah (USB)
4. (UTP) Putih Hijau+Biru+Putih Coklat+Coklat -> Item (USB)

Lihatlah gambar berikut
Image
Image
MET MENCOBA


1 komentar :

sang mantan on October 5, 2012 at 10:32 PM said...

kalau diameter wajan 57 dan dalam wajan 15,8
jarak federnya berapa
soalnya pusing ngitungnya
mohon balasanya

Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

 

Download Centre . Copyright 2008 All Rights Reserved vomanet Trick by Tricksip Template Blog edited by Vomanet dot com