Watch Movie Online, Music, Software, Windows, Etc

Internet Download Manager Portable

Setelah kemarin sempat share IDM yang terbaru kali ini aku share IDM versi portbale (artinya tinggal pakai tanpa instal). Sebenarnya banyak sekali tool bantu download seperti download express, download accelator plus(DAP), flashget, Gigasize, internet download manager(IDM) dsb. Tapi disini kita lebih fokus ke IDM yang sampai saat ini menurut subjektifitas penulis IDM adalah terbaik dari semua tool bantu download yang ada.

Internet Download Manager yang dikenal dengan IDM ini diakui bahwa kemampuan software tersebut bekerja lebih baik dibanding lainnya karena fitur dinamis yang dimilikinya dalam membagi file yang sedang di download menjadi beberapa bagian terpisah untuk kemudian disatukan kembali setelah proses download selesai. Proses ‘multipart’ terhadap file-file yang di download ini sangat meningkatkan akselerasi dan kestabilan proses download itu sendiri.

Tidak seperti software download lainnya yang membagi satu file menjadi beberapa bagian sebelum memulai proses pengunduhan, IDM justru sebaliknya, proses pembagian file (multipart) ini dilakukan secara bersamaan saat proses unduh sedang berlangsung. Rupanya itu rahasianya software ini mampu bekerja dengan baik sekalipun jalur akses internet sedang sibuk-sibuknya. Fitur lain yang juga dimiliki oleh IDM adalah penyimpanan arsip sebelum file-file tersebut diunduh dari internet. IDM juga mampu meresume proses unduh bila akses internet terputus atau karena sebab lain hingga file menjadi korupt (tidak sempurna). Kelebihan berikut tadi sangat membantu kita saat re-download.

IDM mensupport beberapa bahasa diantaranya adalah bahasa Inggris, Spanyol, Arab, Jepang, Jerman, Dutch, Italia dan Perancis. Walaupun tidak didukung dengan interface berbahasa Indonesia namun IDM tetap mudah digunakan oleh kalian yang sudah terbiasa dengan tampilan office.
Kembali pada persoalan kecepatan download yang dilakukan oleh Internet Download Manager, terkadang IDM mampu membagi sebuah file saat proses download berlangsung hingga menjadi 7 – 8 bagian. Sebuah file yang di download dan terbagi menjadi 8 bagian selanjutnya ‘ditangani’ dengan baik oleh IDM yakni dengan membagi kecepatan yang sama besar per bagiannya. Namun jika bagian-bagian tadi ada yang mengalami hambatan dalam proses unduh maka kecepatan pada bagian lain akan digunakan untuk membantu bagian yang lambat tadi. Proses pembagian file yang saling berbagi akselerasi inilah yang mempercepat pengunduhan hingga 500% sebagaimana klaim IDM.

Penulis menggunakan IDM portable versi 15.5. Dan berdasarkan pengalaman untuk mendownload update-an antivirus AVIRA sebesar 23 MB hanya btuh waktu kurang dari 15 menit dengan kecepatan rata-rata download sebesar 70-100 kb/s.

Sedikit saran buat kalian, sebaiknya proses download file-file besar terutama file-file Mp3 atau file movies dilakukan pada malam hari antara jam 10 sampai jam 11.30. Pada rentang waktu ini akses internet di Asia umumnya sedang ’sepi’ sedangkan di belahan barat baru akan memasuki pagi hari dimana jalur akses pagi hari umumnya baru berkisar 20%, sehingga pemilihan rentang waktu tadi dianggap cukup tepat dan efektif untuk proses download apalagi kalau menggunakan Internet Download Manager

Sebenarnya software ini berbayar alias harus mengeluarkan sejumlah uang untuk versi fullnya. Tapi bisa juga kita unduh dari situs www.internetdownloadmanager.com untuk versi tralnya. Disini penulis menggunakan internet download manager portable v5.15. Apakah itu legal???ya tidak juga sih, ini juga penulis dapatkan dari sebuah situs.

Download


Post a Comment

please comment if this article useful, criticism and suggestions that are built will we received. thanks

[blogger][facebook]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by i-bob. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget